Coretan Tentang DBD


Musim hujan, waspada Deman Berdarah Dengue (DBD) dan Diare. Dari sini, disebutkan ancaman penyakit diare dan penyakit demam berdarah kembali mengintai warga Jakarta. Jumlah pasien diare dan demam berdarah disejumlah rumah sakit di Jakarta kini relatif tinggi.

Kebetulan lagi nyari arsip tentang DBD, ini sedikit ringkasan tentang DBD. Versi lengkapnya bisa dibaca disini.

DBD adalah penyakit infeksi yang sangat ganas, yang hanya terjadi dalam 5 hari. Tak jarang dalam hitungan jam, kondisi anak bisa masuk dalam keadaan kritis dan mengancam jiwa. Bila terlambat didiagnosis, penderita sulit untuk diselamatkan.

Virus Dengue, penyebab DBD termasuk famili Flaviviridae, yang berukuran kecil sekali yaitu 35-45 nm. Virus tersebut memasuki tubuh manusia melalui gigitan nyamuk yang menembus kulit.

DBD ditandai oleh gejala berupa demam, nyeri pada seluruh tubuh, ruam dan perdarahan. Demam yang terjadi pada infeksi virus dengue ini timbulnya mendadak, tinggi (dapat mencapai 39-40 derajat celcius) dan dapat disertai dengan menggigil. Pada saat anak mulai panas ini biasanya sudah tidak mau bermain, minta gendong terus atau hanya rebahan di tempat tidur.

Secara medis sebenarnya tidak ada pengobatan secara khusus pada penderita DBD. Penyakit ini adalah self limiting disease atau penyakit yang dapat sembuh sendiri. Prinsip pengobatan secara umum adalah pemberian cairan berupa elektrolit (khususnya Natrium) dan Glukosa. Sehingga pemberian minum yang mengandung elektrolit dan glukosa seperti air buah atau minuman lain yang manis dapat membantu mengatasi kekurangan cairan pada penderita DBD

2 thoughts on “Coretan Tentang DBD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s