Rp 25 Juta Perjam !!!

PhotobucketItu tarif Andrea Hirata sekarang, kalau diundang menjadi pembicara dalam suatu acara. Ini gw kutip dari majalah Gatra No.13 Tahun XIV, dalam rubrik Ikon. Sayang ngak disebutin tarif sebesar itu untuk acara apa.

Menurut Andrea, tarif sebesar itu sesuai, karena sastra adalah hal yang penting. Doi juga ngritik sastrawan yang suka merendahkan diri dan mau dibayar murah. Padahal, motivator aja dibayar mahal kalau berbicara dalam sekali workshop.

Andrea yang gw kenal, sekarang memang sudah jadi seleb. Profilnya tampil dimana-mana, bahkan di majalah perempuan bergengsi semacam Dewi dan Femina. Profilnya aja, yang gw buat tahun 2005 di http://www.indosiar.com itu, sampai sekarang masih dikomentarin orang.

Wuih memang hebat. Ngak salah deh kalau dapat royalti 1 M.

Gw sendiri kenal Andrea sejak tahun 2004, sewaktu doi masih berkuliah di Perancis. Dan dari perkenalan itu, gw banyak mendapat pelajaran berharga dari Tjitji, demikian panggilan akrabnya. Salah satunya dalam perbincangan gw dengan Andrea di Galeri Nasional tahun 2007, yaitu supaya ngak pernah lupa sama Ibu.

“Karena Ibulah, kita ada di dunia ini. Tanpa mengeyampingkan peran bapak,” kata Andrea.

“Karena itu, sesibuk apapun kita, harus usahakan berkomunikasi. Sedikit apapun yang kita dapat dari kerja kita, setengahnya harus dikasih ibu.”

Betul-betul telak buat gw yang jarang nelepon Mama, dengan alasan sok sibuk. Yup, itulah Andrea, yang tetap rendah hati. Yang tetap suka sms, jika datang ke Jakarta dan selalu ngundang kalau punya acara, meski gw jarang pernah menghadiri acaranya. Dan yang paling gw seneng, doi selalu memanggil gw dengan Kak Indah (meski gw tau umur dia lebih tua dari gw) , panggilan yang lebih gw seneng dari pada mbak (halah…bukan apa-apa, gw kan orang Batak :p)

Oh yah, satu lagi yang ngak berubah dari Andrea, rambutnya tetap ikal dan wanginya bikin gw pusing…..kekekekkkkkkk (Sorry Ndrea)

31 thoughts on “Rp 25 Juta Perjam !!!

  1. slam kenal…
    mau nanya andrea sbnar@ kelahran taon brapa? n tahun brapa mlai kul di prancis? al@ dya mlai krja di telkom stlah lulus dr sorbone kan? dan itu kta@ sktar taon 1997, jd bingung…

  2. Pingback: Catatan-Catatan Dari Hati » Blog Archive » YANG “MELENGKING” DARI BLOGWALKING (8)

  3. Wah, rufa-na temennya Bang Andrea🙂
    Ane kira, tarif 25 juta wajar-wajar saja, karena Andrea udah bisa masup kategori pakar, selaen karena status seleb-nya. Buat kita, tinggal liat saja, apakah dengan membayar 25 juta, kita mendapatkan sesuatu yang setimpal apa enggak… Gitu kali ya?:mrgreen:

    Salam dari ane

  4. Mba Indah, salam kenal…… makasih ya udah mampir ke blog ku…. jadi suka mampir kesini dech sekarang, ceritanya seru2…. udah beberapa kali mau kasih komen tapi gagal mulu, semoga yang ini berhasil dech…
    Keep in touch ya Mba…. mampir2 lagi….

  5. semua bayaran tergantung orang itu mengapresiasikan pekerjaannya dan bagaimana orang lain menghargainyah😀 huekekeke. btw aku mau dong dibayar segitu haahahaha… happy weekend bunda and met bercengkerama dengan kompi yang udah sembuh…

    btw, saya juga lebih suka dipanggil kakak; “kak tuteh” or “kaka tuteh” or “ka’e tuteh” ketimbang “mbak” karena biasanya radio2 di sini, penyiar cewekna dipanggil ‘mbak’ ;)) kitah kan orang Ende huekekeke…

  6. semua bayaran tergantung orang itu mengapresiasikan pekerjaannya dan bagaimana orang lain menghargainyah😀 huekekeke. btw aku mau dong dibayar segitu haahahaha… happy weekend bunda and met bercengkerama dengan kompi yang udah sembuh…

  7. Salam kenal!
    (taunya dr blogfam)

    Setuju banget sama A.H., harga segitu pantes kok.. Di luar negri, bayaran penulis rata2 emang jauh lebih tinggi dari pada di INA kan?
    Lagipula, kyknya di INA, kurang banyak yang nghargain penulis.

    Kapan y bisa kyk A.H.???

  8. Waduh, Andrea itu siapa ya? Hehehe.. saya sendiri belum terlalu tahu..
    By the way, salam kenal ya sepertinya saya baru pertama kali kesini.
    Layoutnya sama kayak saya,, hihihi alias dari wordpress juga.
    Main-main ke blog saya ya..

  9. Wow, bayaran Andrea bener2 fantastis…. salut deh…. He he, emang wangi yg bikin pusing itu kaya apa? Minyak wangi sinyongnyong? Kekekek…. gak mungkin dunks, orang banyak duit gitu pasti perfumenya mahal punya, cuman nyemprotnya kaya mo mandi kalee…

  10. Wah sepertinya lately, buku belionya ini sungguh amat sangat laris manis ya bu?
    Jadi pengen belajar bikin novel. Sorry baru sempet mampir, the other day saya mampir tapi belum bisa comment. Have a nice week-end!

  11. Halo Mbak Indah..makasih ya udah mampir ke blog ku.
    BTW, koq blognya gak ada SB-nya nih?? Jadi bingung mau nyapa dr kmrn..hehe
    Thanks banget utk tulisan ttg Andrea Hirata…(hehe..wuih..wuih..tarifnya oke kali).
    Aku soalnya lagi ngerampungin tetralogi-nya…emang bener sih..kecerdasannya tercermin deh dari karya2nya….Bravo!

  12. Kalo gitu aq panggil kak ajalah sekarang ya, ga usah mbak lg… kekekeke.. *mana kutahu kak indah ini orbat wkt jumpa pertama itu.. kupikir jawa..)

    Kalo dulu iya, aq suka kasih juga uang buat mami ku, tp sekarang aga jarang, krn mamiku lg banyak duit…sampe mo kasih hadiah aja aq takut dia ga suka. Soalnya klo dia g suka g dipakek, aq jd kapok belinya… hiks..

    Rp.25jt/jam… gile. Mudah2an bisa dimanfaatkan dia dgn baik, supaya ada tabungan di hari tua🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s