Bekal Masa Depan

Resiko kerja di stasiun TV, apalagi kalau bukan di Departement Produksi, yah kudu nonton televisi sepanjang jam kerja kecuali istirahat. Yah dibayangin aja, di ruang gw ada 4 televisi yang bernyala semua tapi suaranya ngak ada kecuali teve yang nayangin acara kantor gw😀

Satu acara yang gw suka nonton adalah tayangan iklan. Jangan tanya kenapa, yang pokoknya gw seneng aja ngeliatnya apalagi kalau iklannya heboh seperti iklan rokok dengan jargon sejati itu.

Dan satu iklan yang menurut gw menyentuh lubuk hati terdalam ada iklan dari Bank Mandiri yang menyajikan tema “Merencanakan Masa Depan”.

Salah satu iklan yang lagi gencar ditayangkan yaitu tentang masa kuliah. Iklan itu pertama kali memperlihatkan tulisan “Untuk Biaya Masuk Kuliah”. Diperlihatkan seorang anak remaja cowok, yang membuka garasi rumahnya. Dan sang ayah keluar dari garasi tersebut dengan mendorong motor Vespanya. Si anak memandang ayahnya dengan tatapan sedih.

Kemudian muncul sang ibu, yang membawakan payung dan jas hujan, dan ditengah hujan sang ayah berangkat dengan tatapan haru ibu dan anak. Tak lama tersorot tulisan “Rumah Ini Dijual”.

Deg, gw terharu banget. Jadi ingat cerita-cerita orang tua dan banyak orang sukses lainnya (mungkin), yang mana akan melakukan segalanya untuk keberhasilan anaknya. Gw inget, Mama pernah cerita bahwa supaya bisa menyekolahkan dua anaknya ke Pulau Jawa (yang saat itu tahun 60-an, memang terkenal sebagai tempat pendidikan paling oke), kakek gw terpaksa menjual kebunnya, yang selama ini menjadi penunjang hidup keluarga besar kakek gw, selain mesin jahit (Ompung Doli gw profesinya dulu tukang jahit dan sesekali buka toko nasi tiap ada pekan atau hari pasar).

Karena pengalaman itulah, nyokap selalu menekankan ke anak-anaknya untuk menabung atau menyisihkan sedikit uang yang kita dapat, untuk bekal di masa depan.

“Jangan sampai anak-anak merasakan kesusahan yang kita rasakan. Menabunglah karena dengan uang tabungan kita akan bisa melakukan apa yang kita inginkan,” demikian kata Mama suatu hari kepada kita, anak-anaknya.

Gw ngak bermaksud untuk promosiin bank itu, tapi gw berpendapat apa yang diutarakan dalam iklan itu memang tepat. Bagaimana pun kita harus punya persiapan untuk menjalani masa depan.

Buat gw, kita (yang bekerja yah) sebagai orang tua wajib mempersiapkan dana pendidikan buat anak kita setinggi mungkin (universitas). Dan gw rasa di jaman secanggih ini, kayaknya ngak ada istilah ngak tau tentang perencanaan pendidikan atau merencanakan masa depan. Karena banyak bank atau asuransi yang sudah menawarkan berbagai macam perencanaan dengan segala macam embel-embel keuntungan yang akan kita peroleh.

Bagaimana kita mengatur dan merencanakannya ? yah kembali ke kemampuan dan motivasi kita masing-masinglah.

21 thoughts on “Bekal Masa Depan

  1. yg aman sih mbak tabungannya dalam bentuk rumah kontrakan atau tempat kost🙂
    punya 2 kontrakan atau kamar kost dah bisa nambahin penghasilan tiap bulan tuh mbak *cita2 terpendam*😉

  2. Aduh parah neh aku, baca postinganya dah terharu biru dan dah punya kata-kata bagus untuk di rangkai eh pas baca komen pertama di atas yang ngomongin kiky fatmala and keluarganya jadi ketawa ngakak gak habis-habis, ya ampunnnnnnnnnnnn

    —-> terpesona yah😀

  3. Setuju banget. Menabung itu memang penting. Sebab kita suka gak tau kalo tiba2 ada kebutuhan mendadak. Uang tabungan itulah barangkali yg bisa menolong.

  4. yup. iklan nya kena bgt
    gw ngerasa sebagai anak gak berbuat apa2 ke orang tua yang udah berusaha keras demi anak2nya…
    perencanaan keuangan emang perlu yak

  5. Saya dah pernah komen soal ini di blog laen, yg intinya sebaiknya kita banyakin sedekah, buat tabungan masa depan anak kita, karena dengan sedekah uang gak berkurang rejeki malah bertambah insya’Allah🙂

  6. hidup tambah suseeee😦 ya begitulah… gaji naik, semua ongkos juga naik🙂 bijak aja kali yeee😀 meskipun untuk bisa bijak di zaman ginih… agak susah juga🙂 met wiken…

  7. emang masa depan itu dimana sih?
    bukan nya masa depan itu nanti setelah kita mati?
    masa tua mah bukan masa depan tonk
    kasian dech loe ditipu setan

    —-> makasih sudah berkunjung.

  8. aku blm nonton iklannya, tapi denger dr ceritanya kayaknya cukup menyentuh ya?
    prediksi biaya kuliah jaman anak2 kita nanti bakal sekian kali lipat sekarang. bayangin deh, skr aja kuliah di indo udah membuat aku melongo, biaya masuk PTN lewat jalur biasapun udah spt beli mobil. gimana nasibnya org2 yg buat sekolah sampai sma aja sudah kesusahan? makanya aku lbh milih disini, krn mikir biaya sekolah di indo yg menggila….
    anyhow, nabung memang wajib hukumnya, apalagi punya anak. nggak bisa nyimpan uang krn takut dipakai mungkin bisa di investasi dlm bentuk rumah/tanah.

    btw indah, maksudnya nanya, “gimana caranya bikin yg cantik” tuh apa? baju? thanks for visiting my “other” blog.

    —-> Anak cantik seperti Adele itu lho😀

  9. Di rumah udah setahun gak pake tivi. Tapi kemaren pas ke dokter ada tivinya, sempet lihat itu iklan Mandiri nya… Jadi nyambung waktu baca tulisan ini… Bener… Iklannya menyentuh sekali… Yang buat iklannya cerdas… Kadang aja juga iklan yang asal buat aja…

    —-> bikin tips donk mbak buat melepaskan diri dari TV🙂

  10. Waaaah, liat penayangan emaknya Kiki Fatmala, sepertinya beliau perlu penanganan psikiater yach….. marah dan kebenciannya keliatannya gak wajar. Sebagai ibu kalau bisa harus menahan sumpah serapah terhadap anak sendiri, karena sumpah itu bisa jadi di hisab oleh Allah. Astaghfirullahal’adziem….

    Oh ya, ngomong2 soal masa depan anak, anak2ku sih udah diikutsertakan dalam program asuransi pendidikan, maklum suamiku kan orang asuransi juga… he he…

    —–> pasti sudah terencana yah mbak🙂

  11. iklanya ga sampe sini..jadi belum liat…hehe
    terimakasih tip na..mulai besok aku mulai nabung deh *beneran loh

    —-> terima kasih atas kunjungannya🙂

  12. @Fitra. Aduh, itu mamanya kiky kenapa marah2 trs siy, scara kiky nya aja tutup mulut ga mo komen aneh-2….
    Gw siy berharap nanti bs sekolahin anak gw sebaik2nya… emg berat hidup di jaman sekarang.

    —-> tos dulu ah🙂

  13. Setujuuu mba!Iklan ini sangat mengharukan! Cuma abis itu gw ntn infoteinmen nya si Mama nya Kiky Fatmala….shock deh gw…abis itu gw telp emak gw di kampung, bilang makasih ga pernah marah2 ma gw segitu dahsyatnya….untunglah figur emak gw kaya yang di iklan bank mandiri itu…..hehehe

    —–> hi…hi..nonton juga yah Fit. Emak gw juga sebel pisan sama emaknya si Kiki Fatmale itu.

Leave a Reply

