Anak Dulu vs Anak Sekarang


Ini postingan lama. Waktu masih doyang ngeblog di Blogspot. Diangkat lagi karena kemarin gw ngemall sama Ratu Karaoke dan si Nicegreen, ngeliat kelakuan anak remaja sekarang dan membuat gw  teringat akan kenangan masa remaja dulu. Anak sekarang lebih canggih dibanding anak dulu.

Gimana ngak, dulu alat komunikasi jaman gw sekolah dulu, telepon rumah sama telepon umum. Jadi kalau ada cewek atau cowok yang ditaksir, duh itu telepon  bisa dijabanin tiap detik. Yang cewek deg-degan duduk deket telepon, nungguin ditelepon. Yang cowo, dengan modal duit cepek, nelepon di telepon umum, rela panas-panasan demi nelepon gebetannya.

Kalau sekarang ? Anak-anak remaja malah udah dari SD, sudah punya hape dengan berbagai fasilitas canggih, yang dengan modal pulsa sepuluh ribu udah bisa nelepon sepuas hatinya. Atau pakai fasilitas cetting buat ngerayu si doi😀

Belum lagi banyaknya mall bertebaran di sana-sini, buat ngajakin pacar keliling keliling. Dulu, pacaran masa SMA, kalau ngak dirumah yah di sekolah😀

Dulu, stasiun TV cuma TVRI. Baru merasakan adanya stasiun televisi swasta, di tahun 90-an, itu juga sudah mau tamat SMA. Tontonan saat itu yang paling bagus adalah Little House on The Praire. Meningkat sedikit si Unyil dan Telenova Isaura. Ada yang ingat tidak ?

Sekarang ? Stasiun TV ada 12, nyaris seluruh stasiun TV menyiarkan sinetron dan drama. Yang jelas drama Asia, dikuasai Indosiar. Bertabur wajah-wajah cantik dan ganteng. Dengan tema cerita yang nyaris sama dan tak sedikit yang menjiplak drama Asia.

Soal bacaan ? Anak dulu bangga sekali berlangganan Majalah Gadis. Rela menabung uang jajan buat beli Majalah Khusus Cerpen Anita Cemerlang atau Majalah HAI. Kalau dari pengarang luar negeri, yah Tintin, Asterix, Lima Sekawan, Trio Detektif, Pasukan Mau Tahu, Sapta Siaga, The Secret Seven dan Pippi si Kaos Kaki Panjang.

Kalau sekarang ? Bacaan anak sekarang ada Chiklit, Teenlit, dan komik dari negeri tetangga kayak Detektif Conan, Avatar, dan sebagainya yang perasaan gak tamat-tamat ceritanya.

Trus, anak cewek sekarang nih, doyan ngikutin pemilihan jadi fotomodel sampul majalah-majalah terkenal, yang lebih didominasi dengan majalah franchise dari luar negeri.

Dulu, tampil di acara Cerdas Cermat, Ayo Bernyanyi Bersama Bu Fat, atau ikutan Lomba Penulisan Ilmiah LIPI, serasa mendapat durian runtuh. Orang tua juga tidak kalah heboh. Belum juga ditayangkan di TV, sudah woro-woro ke seluruh keluarga besar.

Sekarang, orang tua sepertinya lebih senang anaknya jadi gadis sampul, artis, penyanyi dan bintang iklan. Kalau dulu, gw tertabrak motor karena baca buku sambil jalan. Keponakan gw ? keserempet motor karena asyik sms-smsan, sambil jalan.

Perbedaan-perbedaan itu membuat gw semakin merasa tua, padahal usia 40, yang katanya hidup dimulai saat umur 40, masih beberapa tahun lagi. Atau sebesar itu pengaruh globalisasi dan teknologi, sehingga membuat anak-anak sekarang sudah semakin canggih ?

Foto diambil dari http://www.dramasia.com

17 thoughts on “Anak Dulu vs Anak Sekarang

  1. Jadi tua itu niscaya Mbak. Dan menjadi tua sekarang tentu akan berbeda saat jadi muda dulu.

    Saya juga kerap merasakan perbedaan-perbedaan itu. Kadang bikin saya iri, anak segede Rizky, putra tertua saya, udah jago memainkan game komputer sementara saya ketika masih seumuran dia lebih sering main mobil-mobilan yg terbuat dari Jeruk Bali..

  2. Kalau dulu, gw tertabrak motor karena baca buku sambil jalan. Keponakan gw ? keserempet motor karena asyik sms-smsan, sambil jalan.

    Mau ketawa, ga tega. Ga ketawa, tapi kok geli juga …😀

    Tapi emang bener lho, beberapa ponakanku hpnya seri2 terbaru yang cihuy2 … sementara tantenya ini? yang biasa aja lah … yang penting bisa telfon dan sms (pengen sih yg bisa video call, tapi ntar2 aja deh :P)

  3. hi..hi..hi.. gw dulu pacaran surat2an pake pos..
    kalo liat pak pos mendekati rumah deg2an banget…
    kalo pak pos nggak mampir lemeesss banget..
    sekarang?

  4. Pastinya jaman semangkin canggih semakin banyak juga ya pergeseran moral.

    Karena dulu gag ada hiburan, makanya nonton cerdas cermat jadi oke banget ya, apalagi klo sekolahan sendiri yg muncul..satu rumah pasti nonton bahkan bisa jadi satu RT yang nonton.

    Budaya megang Hape juga lama-lama mengerikan nih, banyak porno aksi.

  5. He he he he…. enaknya anak2 yg hidup di jaman sekarang yaaa…. segalanya serba canggih. Jangankan hape, mainan aja udah komputerisasi semua… Inget dulu maenan dibuat dari kulir jeruk bali, maen lompat karet….

  6. Linda : huwahahahahahah…..sorry yah say🙂

    Ragil : Eits, catet yah, kata Dahlia, gw sama loe tuh cuma beda 3 tahun.
    Mentang-mentang paling ganteng sendiri diantara ibu-ibu pejabat :p

    Silly : Makasih juga yah say. Tenang aja, hatiku terbuat dari baja…he…he..samson kali.
    Jadi sudah siap kok dengan segala slengekanmu😀

    Hanggadamai : Jangan sampai nonton TV, ntar bete lho :))

    Dinot : halah, loe takut aja anak loe yang ganteng2 itu keburu diembat kan :p

    Nenyok : iya, gw udah duga kok dari tulisan diblog😀

  7. WAduhhh… saya mesti nyembah2 nich… usia saya masih jauh dibawah mbak… maaf kalo bahasa saya rada kurangajar juga ya mbak…

    tapi mungkin saya juga banyak bergaul dengan anak2 usia 20an kali yach, jadi gak pranh merasa tua… masih risih kalo dipanggil ibu, padahal mungkin tampang saya emang udah menunjukkan ibu-ibu, hehehe..

    salam kenal juga mbak… dah pernah main kesini, tapi sepertinya saya belum pernah meninggalkan jejak… Gak pede, secara gak semua orang bisa menerima cara menulis saya yg slengekan dan kurangajar (hehehe, seperti kta paman… )

    makasih banyak ya mbak udah mampir2 ke blog silly… semoga bisa tetap jadi sahabat.

    salam,

    silly

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s