Be Your Self

Dalam salah satu postingan si Om yang blognya sering saya kunjungi ini, ada yang terkesan bagi saya untuk memacu semangat menghasilkan sesuatu. Menurut si Om, dalam berkarya : Be Your Self, “Biar Jelek Hasil Karya Sendiri”. Kebetulan saya tipe orang yang suka menunda-nunda pekerjaan, karena takut hasilnya tidak seperti yang saya inginkan atau orang lain harapkan.

Ini sebenarnya sudah pernah dikasih tahu si Wikipedian ganteng ini, saat melihat tanda tangan saya di acara ICT Award 2007. Menurut beliau, kalau mengerjakan sesuatu saya suka ribet atau banyak alasan pada tahap-tahap awalnya, tapi begitu sudah saya lakoni dan geluti, total sampai keakar-akarnya, mengerjakannya dengan segenap jiwa raga saya.

Ya, saya memang suka males kalau mau mengerjakan sesuatu, karena takut hasilnya jelek. Entah berapa banyak draft tulisan saya (baik yang berhubungan dengan pekerjaan kantor, pekerjaan sampingan, maupun ngeblog), foto-foto, dan scrapping, yang tersimpan di PC kantor, laptop Mas Iwan, dan PC dirumah, yang masih terbengkalai minta untuk diselesaikan.

Dan berkat tulisan si Om itu, saya telah menyelesaikan beberapa pekerjaan yang hasilnya didapat pada bulan Syawal ini. Misalnya nih, eh ini benar-benar narsis lho : saya menjadi salah satu pemenang resensi Novel Maximum Ride yang diadakan oleh Gramedia Pustaka Utama, dan berhak mendapatkan hadiah paket buku senilai Rp 200 ribu, asyik kan…buku gratis gitu loh :-D (udah sering resensi buku, tapi belum pernah ikutan lomba resensi, makanya senang banget begitu menang)

Trus, sebenarnya ini udah lama, ada tulisan saya di Koran Seputar Indonesia tentang travel dan mendapatkan honor pada saat menjelang lebaran kemarin. (Jangan ada yang minta traktir karena duitnya udah habis, karena gw ngak tau kalau ternyata itu duit honor nulis :D)

Dan yang baru-baru ini, ada 3 kerjaan baru diluar kerjaan kantor. 2 masih berhubungan dengan kepenulisan, satu berhubungan dengan kelompok-kelompok yang saya ikuti.  Ada juga yang menarik nih, entah tertarik karena saya suka membaca atau sering melihat ulasan saya di Goodreads.com, seorang penulis di Goodreads meminta saya untuk membaca tulisannya dan memberikan tanggapan, begitu juga dengan author of “Lumpur Similiar, Cyber Spiritual” and “Menghapus Jejak Kemiskinan; An Unconventional Approach, Kampar Way, Alfian Malik, yang meminta saya untuk mereview novel “Lumpur Similiar”, yang tentu saja dengan senang hati saya akan kerjakan.

Karena saya sudah berjanji, yah harus saya kerjakan dan seperti kata Si Om, Be Your Self, biar jelek hasil karya sendiri. Oh yah, sebenarnya ada satu lagi, cuma saya takut bakal mundur lagi, jadi ntar aja deh kalau udah tiba waktunya.

22 thoughts on “Be Your Self

  1. wah berarti kamu seorang perfeksionis say , makanya sebelum memulai dah takut gagal duluan ..

    salam kenal kembali dan makasih dah mampir .. tukeran link yuk ?

    —-
    Masa sih mbak ? huhuhu…baru ngeh ternyata itu perfeksionis yah.
    Asyik…asyik, tambah teman lagi. Mau..mau banget tukeran link.
    Terima kasih juga sudah mampir.

  2. time management elo bagus ya kak. Kok nasib hampir sama, kerja anak dua, cuma gini2x aja kegiatan. Banyak molor kali yaaaaa?

    —-
    Loe keasyikan ngeblakberi, makanya pindahtangankan tuh barang😛
    Biasa aja sebenarnya Ky. Cuma karena gw kadung selalu gagal dengan kemalasan gw, akhirnya gw bertekad teguh kukuh berlapis baja, setiap malam gw usahain selalu bangun jam setengah 3 pagi, setelah ritual biasa, trus gw ngetik atau kalau ngak baca buku. Gitu aja.

  3. Lala :
    Bersyukur punya teman blog seperti si Om yah🙂

    NH18 :
    Weleh, narsis dotcom.
    Makasih sudah berkunjung ke penatinta, Om. Yang keren tulisannya apa foto saya ? *harapharapcemas*

    heryazwan :
    Ayo dong nulis lagi, lumayan honornya buat jajan😀
    Mau dong buku Lala.

    yessymuchtar :
    Hehehehe, iya.
    Wah, jangan gitu Yessy, kalau bagus sudah tentu aku jadi terkenal seperti JK Rowling *ngarepdotcom*

    Inung :
    *cetuk dulu ah*

    Hayu :
    Ntar juga lama-lama ganti kok, kalau sudah bosen😀

    Dhie :
    Halah, kamu terlalu merendah dhie. Karyamu banyak yang bagus kok

    Okta Sihotang :
    Terima kasih yah dik.

    Meity :
    Ogah. Cape…hehehehe

    Epho :
    Duren ?! makasih deh Vy, ngak doyan😀

    Nenyok :
    Setuju sama Ney.
    Ih, kamu aja tulisannya selalu mencerahkan masa diajarin aku yang amatiran.

    Tuteh :
    Nah ini dia, Tuteh, salah seorang yang juga memberi motivasi aku untuk berkarya.

    Zee :
    Akur. Gimana Vaya, tambah lucu pasti.

    Tuyi :
    Makasih sudah berkunjung yah.

  4. Betul banget Bundaaaa. Kapanan itu di TEN fact and habits about me; aku juga nulis kalo suka nunda2… udah nulis, ditinggal, diulang lagi dan akhirnya NGGAK SELESAI. Berkat dukungan orang2, motivasi mereka, kita akhirnya pengen nulis ampe selesai. Selamat ya, Bunda… *ehem mo minta traktiran tapi udah habis tuw hasil yang di Koran :p* heheehhe *peyuk2*

  5. Salam
    yap jelek2 milik rpibadi, nah lo salah ya jelek2 nulis sendiri, gitu ya Njul, ah gw yakin kok hasil karyamu tuh ga ada yang jelek. Ih salut banget sama dirimu, ajarin dong🙂

  6. Wah, mbake’ bikin minder aja neh… ternyata kalian penulis2 ternama. Learn a lot from you, jeng! Gw ngga minta traktir mbak, gw minta temenin makan duren aja

  7. halo, salam kenal juga ya,
    wah, berarti selera kita sama dunk
    tapi aku lebih jadul
    soalnya belum ganti leot
    hehehehe

    -hayu-

  8. wahh..ini masih 1 gank sama lala dan Om..hihiih

    keren banget euy…
    resensi buku..

    “Biar jelek hasil karya sendiri”

    Are u sure???

    aku yakinnnnn gak ada hasil karyamu yang jelekkk dehhh

  9. Btw, buat Mbak Indah,
    wah, hebat bisa menang lomba resensi.
    Bisa dimuat di Sindo juga…
    Ah, aku udah lama nggak nulis di koran…
    Terlalu sering menulis di blog, jadi nggak sempat mikir nulis di koran…
    Hi hi…

    Nah, Lala.
    Bukumu kayaknya harus diresensi sama Kak Indah Juli ini.
    pasti tambah ngetop…

  10. Pemenang Resensi Novel Maximum Ride …
    HHmmm … I know … it’s just a matter of time …
    Kemampuan In-jul … jauh melebihi itu …
    Percaya sama saya …
    (BTW saya sudah mengunjungi blog kamu yang satu lagi …. itu keren sengat …)

  11. MMm …
    Thanks In-Jul …
    Thanks Indeed

    Btw
    Pembaca sekalian … yang dimaksud si Om sama si Injul ini adalah blognya gua …

    so silahkan mampiur ke tempat saya … (ah narcis tenan iki)
    maap

  12. Hai Mbak!

    Bener banget, tuh.
    Si Om posting cerita itu, tepat ketika aku lagi down banget… Benar-benar menginspirasi untuk terus menulis.. Jelek, bagus, itu soal selera aja, kan, Mbak…

    Congratulations buat hadiahnya…

    I always knew that you’re something, mbak..
    Keep doing your best!

Leave a Reply

