Jam Masuk Sekolah Maju ?

Mulai 1 Januari 2009, dengan dalih untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di DKI Jakarta dan agar para siswa sekolah tidak merasa lelah ketika proses belajar mengajar, Pemda DKI Jakarta berencana memajukan jam masuk sekolah, dari selama ini pukul 07.00 pagi menjadi 6.30, mulai 1 Januari 2009.

Efektif atau tidak memang belum terbukti, karena penerapannya baru akan berlaku tahun depan. Namun, yang dipertanyakan kenapa harus mengorbankan anak-anak untuk membenahi sistem transportasi di Jakarta yang sudah carut marut ?

Sebagai orang tua, membangunkan anak-anak pada pukul 5 pagi saja, sudah menjadi beban tersendiri, karena merasa kasihan membangunkan mereka disaat terlelap dan bagaimana jika mereka kurang tidur.


Lagi pula apa semua anak bersekolah ditempat yang jauh, sehingga harus bermacet-macet di jalanan ? Banyak juga kok, anak-anak yang bersekolah di dekat rumahnya dan hanya membutuhkan jalan kaki selama beberapa menit untuk sampai di sekolah.

Nah, bagaimana dengan mereka ? Apa harus juga merasakan waktu bangun pagi yang lebih cepat ?

Rasanya tidak adil, jika mengorbankan waktu yang dimiliki anak-anak hanya karena kesemrawutan lalu lintas. Pemerintah yang harus memikirkan solusi mengatasi kemacetan, bukan anak-anak sekolah.

 

* postingan ditengah batuk/pilek yang tak kunjung sembuh dan tekanan darah yang melorot terus…hiks. Maaf belum bisa blogwalking yah😦

*Huhuhu, sebel, bisa hadir di Pesta Blogger tapi cuma sebentar, dan ngak bisa ketemuan dengan blogger2 lainnya, kecuali yang sudah kenal.

36 thoughts on “Jam Masuk Sekolah Maju ?

  1. menurut gw..itu justru lebih baik… orang jawa bilang : nek tangine wae kawanen,rejekine ilang hahahaha… secara itu juga mendidik anak jadi lebih disiplin…toh udara pagi juga masih bersih,baik buat kesehatan… awal2nya emang berat,tapi lama-kelamaan pasti terbiasa… lagipula bangun pagi itu bukan hal buruk!!!!! di SMA gw aja [sman1kediri] sejak dulu masuk juga jam 6.30, tapi enjoy aja…. buat anak sekolah==> belajarlah jadi dewasa, enjoy aja lah bozzzzzzzzzz……….

  2. wah.. sy stuju sm tulisan blog ini..
    buat meyrinda : saya skrg di sekolah swasta tapi jamnya juga akan menjadi 6.30😀
    cuman beda waktu saja.. kalau negri mulai januari.. kalau swasta mulainya mungkin febuari..

  3. wah … kalo masalah itu sih, sekolah saya dah menerapkan jam masuk 06.30 WIB sejak Februari 2008 kemarin, tp bagi saya ada enaknya sih, jalanan pas berangkat dari rumah masih sepiiiii … masih lancar

  4. tau knp? krn pemda udah rumit benahin transpot yg terlanjur ruwet, jd yg gak materialis ya ngorbanin anak sekolah..

    abis, program busway nya gak ngaruh bgt, tetep aja macet ya.. aku jg lg mikirin transport di JKT mesti diapain ya *gaya loe!*

  5. mikekono : Itulah pemerintah DKI Jakarta. Banyak peraturan yang akhirnya berujung menjadi ketidak nyamanan.
    Terima kasih sudah mampir yang Bang🙂

    susie : Itulah Indonesia, Mbak Susie🙂 kalau di Netherland, masuknya agak siang yah ?

    Parsalak : Salam kenal, thanks sudah mampir.

    silly : Silly apa kabar ? Sudah sembuh say ? Semoga peraturan tersebut ngak jadi yah, kasihan Anya🙂

    realylife : ngak ada yang ketemu😦

    Wempi : Setujuuuuuu.

    meyrinda : dirimu kan tinggal di Pulogebang, eh masuk Jakarta Timur yah, kena dong😀

    asor : Salam kenal kembali, terima kasih sudah berkunjung.

    Dinot : emberrrrrrrrrr…

    *hari : Itu kan di Semarang, Hari. Anakku juga masuk jam 06.45, tapi itu untuk tadarusan dulu.
    Terima kasih yah Har, sekarang sudah sembuh kok, meski tekanan darah masih turun naik.

    kiky : Udah ada di Facebook kan.

    sisesu : Indonesia…sil, indonesia😀

    linda : Udah diliat Lin, tinggal ntar dibikin *kalau inget :D*

    jeunglala : Ada yang begitu sih La. Anakku aja masuk jam 06.45, tapi kan sekolahnya deket dari rumah, ngak sampai 15 menit jalan kaki😀

    humorbendol: setuju.

    nana : Tapi sekolahnya dekat kan Na ?

    agustusnugroho : Setuju mas🙂

    feriadi isander : hehehehee, makasih sudah berkunjung yah.

    indah : Bener banget Nda.

    yessymuchtar : Kita lihat aja Yes.

    michaelsiregar: yang pasti kerepotan sudah dimulai sejak pukul 4 pagi😀

    nh18 : Terima kasih Pak.

    Endang : dilematis yah Mbak🙂

    Tuteh : Sekolah Lily begitu Teh. Tapi ngak pernah ada PR😀, jadi tidur selalu tepat waktu.

    Said : Kopdarnya sukses yah.

    Indah Sitepu : ember…. memang menyebalkan yah.

    Sahabat dari Trini : Kalau bingung sih pegangan Vie🙂

    Toto : ngak ditendang kok, cuma dicubit :p

    DYah : Seperti jam sekolah kita dulu yah.

  6. Udah sembuh jeng?

    Belum mengalami nih….belum bisa komentar…

    Di sini…pagi2 buta memang anak2 juga udah berangkat sekolah. Tapi ada sekolah sesi siang juga siiih. Cuma karena milih sekolah sistem rayon dan jarak radius dg rumah, jadi gak ada yang bersekolah di daerah timur tapi berumah di daerah barat…

  7. agar para siswa sekolah tidak merasa lelah ketika proses belajar mengajar –> ini sih aku nggak stuju, Ina. Karena apa? Karena para siswa tidak merasa lelah kok…mereka siyap belajar karena mereka adalah pelajar. Kalo pemerintah berpikir begitu, ya macetnya yang diatasi, bukan siswanya hehehe🙂 *sama seperti tulisan Ina*

    Nah sekarang kalo bisa sih jadwal belajarnya dimundurin. Dimulai jam 8 pagi tapi siswa wajib bawa bekal😀 *halah podowae yo* terus pulangnya yang biasa jam 1, dimajuin juga se-jam jadi jam 2… *tapi susah kalo ada kegiatan sore* huhuhu…

    Sejauh ini, Ina… aku setuju sama jadwal sekolah yang Senin – Jumad tapi tiap hari itu masuknya jam 8 and pulangnya jam 4 sore. Full kegiatan mereka di sekolah…

  8. anak saya selama ini malah sudah masuk jam 6.30, jauh sebelum ada peraturan ini. Memudahkan jg krn bisa berangkat sekalian bapaknya berangkat kerja. Kalo lebih siang, kan pilihannya bapak telat masuk kantor ( dan dibilang PNS tukang telat ) atau keluar biaya ekstra utk angkutan anak2 ke sekolah, yg pasti lebih memberatkan di tengah ekonomi spt skrg dan PNS pula.

  9. Mengenai Jam masuk sekolah yang di Pagiin …

    Aku garuk-garuk kepala …
    Ndak ngerti …
    Tidak mengiyakan …
    Tidak pula menidakkan …

    (terkesima.com)

  10. Kenapa gak dibalik ya.. Pegawai Negeri masuk jam 6.30..? Emang Pemerintah dijaman otonomi sekolah gini bisa apa ngatur2 jam masuk? Mungkin untuk sekolah2 negeri bisa yaa..? Kalo swasta rasanya sih masih boleh atur2 sendirikan? Malah anak saya kalo Jumat jam 6.30 sidah mulai lari pagi tuh dari Sekolahnya…

  11. Jakarta macet…Kenapa jam sekolah, jam kerja harus di rubah ya? apa sudah gak ada solusi lain? Yang dulunya si anak berangkat sekolah bareng ayahnya, otomatis sekarang gak bisa bareng dong..
    Mudah-2an sih…solusi itu tepat..jadi di kemudian hari gak ada perubahan jam masuk sekolah lagi

  12. Apa masuk sekolahnya dimundurin aja ya, biar nggak barengan sama jam kantor?
    Ah, bener seperti yang Mbak Silly bilang.
    “Menyelesaikan masalah dengan masalah.” Yang artinya, yaa… satu masalah selesai, here comes another…

    *gemes.com*

    Eh, tapi tapi..
    memang setiap sekolah sepertinya punya policy sendiri. Dulu, pas jaman SMP dulu, sekolah saya malah dimulai pukul 6.15! Hebaat… Jam 5 pagi udah keliaran nyari angkot… Pake seragam putih biru pula! huhuhu..

  13. wah dulu linda pas sekolah jam 06.45 udah harus masuk kelas Ina. pas SMEA berangkat sekolah dari rumah jam 05.00, biar gak kena macet dan sempet sarapan dulu.

    btw, kalo linda tekanan darah lagi ngedrop minum jus jambu merah ina sama makan sate kambing atau banyak makan daging sapi🙂
    semoga hari ini dah sehat ya Ina *bighugs*

    Ina ada PR di blog Linda ya😀

  14. haduh….disini aja yg masuk jam 8.45 rasanya udah ngibrit ngejar waktu. baru aja gw cerita sm anak2, dulu jaman mami sekolah masuk jam 7 teng. walah…ini malah mau dipagiin lagi???? kenapa nggak di siangin aja?

  15. kalo ngga salah di Semarang hal seperti ini sudah diterapin bertahun2 yg lalu mbak, jadi jam masuk sekolah di setiap sekolah berbeda-beda, ngga semuanya masuk jam 7. Sepertnya sih lumayan efektif.

    *btw cepet sembuh flunya..

  16. Wahhhh, ini juga yang bikin aku ngegeremeng tadi pagi pas nonton berita. Sinting… ini namanya menyelesaikan masalah dengan masalah,

    solusi yang sungguh2 tidak berpihak pada nasib bangsa ini. Anak2 itu calon pemimpin bangsa, kenapa justru mereka yang harus dikorbankan yahhh..

    *masih ngegeremeng*

  17. ya…..sungguh sebuah solusi aneh
    kenapa pula mesti anak2
    yang dikorbankan…..
    untuk kpntingan ‘bersama’ yg bisa
    jadi justru akan merugikan
    anak-anak sbg generasi harapan bangsa
    btw, sudah sepatutnya gagasan
    itu ditinjau ulang atawa jangan
    buru2 diterapkan
    thanks sista

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s