Indahnya Berteman

“Tanpa adanya teman, tidak ada satu pun orang yang sanggup hidup,

meski dia memiliki banyak harta” (Aristoteles, Filsuf Yunani)

“Santai saja ketika memulai sebuah pertemanan.

Namun, kalau sudah berjalan,

kamu mesti serius dan komitmen” (Socrates, Filsuf Yunani)

“Berjalan-jalan dengan seorang teman di tempat gelap

lebih baik dari pada berjalan-jalan sendirian,

di tempat terang.” (Helen Keller, penulis dan aktivis Amerika)

Beberapa hari istirahat dirumah, kerjaan gw adalah baca-baca, termasuk baca majalah anak gw, Lily. Kebetulan majalah Girl lagi membahas tentang pertemanan. Isinya menarik, karena bagi gw pertemanan adalah sesuatu yang indah, meski kadang-kadang menyakitkan…hehehehe.

Dengan sifat gw, yang tidak mau terikat dengan satu orang, membuat gw sering dibilang orang kutu loncat. Menclok disana, menclok disini (Eh bukannya itu burung ???), gw nyaris ngak punya teman yang benar-benar bisa gw curahin segala macam hal.

Itu dulu. Sekarang sih, sejak ngeblog dari tahun 2003, teman gw semakin banyak dan beberapa diantaranya udah jadi teman akrab untuk berbagi cerita. Masih sedikit sih, belum banyak, tapi udah termasuk lumayan lah, karena meski gw suka ketawa-ketiwi ngak juntrungan, gw tipe yang introvert buat urusan pribadi (halah…dah kek artis aja).

Kata Majalah Girl, bersahabat secara sehat itu adalah ;

  • Saling menerima apa adanya, bersyukur punya sahabat sebaik dia. Bukankah di dunia ini tak ada yang sempurna, termasuk diri kita sendiri ?
  • Saling mendukung dan mengingatkan.
  • Hargai sahabat
  • Berani mengungkapkan perasaan
  • Beri perhatian. Perhatian sekecil apapun, pasti sangat membekas didalam hatinya.

35 thoughts on “Indahnya Berteman

  1. menurut gw cri temen tu gmpang…
    cri shbat yang susah..
    shbt adlh orng yng slalu ada disaat kita sedih maupun seneng..
    jgalah sebuah persahabatan kawan..

  2. Insya Allah dengan terus ngeblog (pastinya ya, Ina), akan lebih banyak lagi teman ‘akrab’😀 hehehe. Met wiken, Ina🙂 hope everyday always be your best day🙂

  3. Bang Haji Rhoma Irama pernah bilang …
    Mencari teman memang mudah pabila untuk teman suka
    Mencari teman tidak mudah pabila untuk teman susah
    lalalalllaaa…lalalala…

  4. To michael siregar: serius nih To ? hehehe
    nh18 : terima kasih atas phatiannya, beliin rendang dong…kekekekkk (gak tau diri mode on)
    esha : pinjem duit? Gw mau juga dong…hehehe
    emma: iya mbak. Itu sering terjadi dan bikin org males btemang

  5. Jadi ingat dulu punya sahabat tp ternyata she’s cheating on me. Di depan gw bicara manis di belakang gw memburuk2kan gw. Ya sud gw putuskan saja. Sampe skrg gw ga sudi dihubungi dia lagi, even dia udah minta maaf & menyesal krn udah berbuat bgt. Sejak itu gw aga ragu2 klo bersahabatan lagi, trs jg jd introvert jg utk urusan pribadi🙂

    Tp temen2 deket tentu punya, utk sharing macam2..

  6. “Beri perhatian. Perhatian sekecil apapun, pasti sangat membekas didalam hatinya”

    Ini yang aku paling suka …

    BTW …
    In-jul sudah makan …??? hhmmm …
    (soksokperhatiangitudeeehh.com)

  7. Tapi terkadang sahabat yang kita anggap sudah menyatu dengan jiwa kita menohok juga dari belakang…
    so..berhati-2 juga mencari sohib..

    #curhat..kah..#:-(

  8. makasih artikelnya…padahal buat anak2 ya, tp bagus bgt. emang susah cari sahabat dekat yg sampe kayak pacar sendiri…sampe skr gw nggak pernah segitu dekatnya sama seseorang yg bisa gw percaya 100% buat tau segala masalah….kecuali hubby. mungkin dia itu lah satu2nya sahabat gw kali ya….

  9. teman dan sahabat, itu beda ya Ndah,

    Kita bisa punya teman banyak, tapi yg namanya sahabat, wah…ini yang gak mudah. Beruntungnya Indah, punya sahabat yang bisa dipercaya 🙂

    Saya masih dalam tahap berusaha menjadi teman yang baik nih…
    gak gampang ya?

  10. Punya banyak teman selalu menyenangkan kok.. Yaa, sekali-kali ada yang agak konslet, biasa…
    Dari pada munya banyak musuh.. Gak usah begitu juga dunia udah kusut, punya musuh, apalagi banyak, tambah mumet gak sih..?? Xixixi🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s