Suicide Club

Mengambil contekan judul dari tulisan adik gw, Wahyu, di Facebook.

Terlintas saja, kebetulan juga gw selama dua minggu terakhir ini, saat ngedit berita Patroli, gw membaca berita tentang bunuh diri. Macam-macam tindak bunuh dirinya, ada yang mengantungkan diri di kamarnya, ada yang membunuh dirinya loncat dari atas lantai mall, dan sebagainya.

Umumnya bunuh diri karena tidak kuat menahan beban hidup akibat di PHK kantornya, bunuh diri akibat tidak punya biaya untuk keperluan pernikahan anaknya, bunuh diri akibat putus cinta, atau bunuh diri akibat penyakit yang tak kunjung sembuh. Tapi mayoritas bunuh diri dilakukan karena beban hidup atau kemiskinan yang semakin mendera.

Ah betapa kehidupan semakin menyiksa orang penghuni jagat semesta raya ini. Biaya hidup semakin tinggi, sementara pemasukan hanya segitu-segitu saja. Atas nama kesusahan itulah, orang semakin gampang melakukan tindakan tak masuk akal.

Dalam film Suicide Club (Jhisatsu Sakuru) garapan sutradara Shion Shono (Seperti gambar dibawah ini), diceritakan betapa alienasi yang dilakukan masyarakat kerap membuat seseorang melakukan hal yang tidak-tidak. Mereka pun memilih untuk bunuh diri, agar kehadiran mereka di dunia ini seolah-olah berarti. Setidaknya, mereka mulai dilihat lagi oleh masyarakat sesuai harapan mereka yakni tidak lagi dilihat oleh kekurangan mereka.

Jadi, apakah mereka yang melakukan bunuh diri seperti cerita saya diatas, karena ingin kehadiran mereka diketahui orang lain ?
Setidaknya pesan mereka akan semakin tingginya kemiskinan, dapat diketahui orang lain melalui penayangan berita-berita tadi.

9 thoughts on “Suicide Club

  1. ngeriii.
    suicide di Swiss ada jasa-nya loh. kayak jasa-jasa pengiriman barang. hahaaa
    Jadi kalo mau bunuh diri tinggal ke Lokasi jasa bunuh diri, terus kita milih mau bunuh diri pake obat, ditembak, apa loncat dari jembatan. Dan polisi disana juga udah maklum. aduh ga ngerti deh jalan pikiran orang sono. huh.

  2. Hiii…aku gakmau lah nonton film ini.

    Life is too precious to be cut short…before He calls us home.

    Iya bener si Kiky, aku pikir mau bahas ttg kasus bunuh diri di mall kemarin itu!

  3. Gw kira mau bahas 2 kasus bunuh diri di 2 mall besar di Jakarta kemaren malam,I recall jack and rose from the movie Titanic…you jump I jump…
    *man..tuh film 12 tahun lalu ya….*
    Capek niy bow training ujian training, mahasiswa bukan belajar ama ujian iya…*curcol*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s