Insomnia Akut ?

Sejak punya anak, saya sering banget begadang. Sebenarnya sih bukan begadang dalam arti sebenarnya, karena saya sempat tidur dulu (saat nemenin anak-anak tidur), trus kebangun sekitar jam 1 atau 2 pagi, dan bablas nggak bisa tidur sampai subuh.

Udah saya usahain sih, untuk tidur lagi, tapi mata susah meremnya😀 Apalagi nih kalau otak berpikir, tanggung ah mau tidur bentar lagi subuh dan berangkat kerja (dulu, waktu masih kerja, saya berangkat jam 5.20) atau sekarang ini, musti ngurusin pernak pernik anak-anak mau berangkat sekolah.

Kalau nggak bisa tidur lagi, biasanya kalau ngak nonton (DVD Korea, as always), ya baca buku, atau browsing-browsing (sekarang ini malah doyan banget :D)

Sebenarnya, saya tahu kalau kurang tidur itu nggak baik. Tapi rasanya susah sekali meremnya.

Menurut Piogama UGM : nggak bisa tidur itu merupakan gejala kelainan tidur. Dan katanya nih, perempuan lebih sering insomnia dibandingkan laki-laki.

Dan salah satu faktor insomnia, ada terkait dengan urusan anak (hehehe, mencari pembenaran). Faktor lainnya sih, selain faktor hormonal seperti hormon estrogen dan progesteron (PMS dan menapouse), ada juga faktor psikis seperti masalah dengan pasangan, persoalan pekerjaan, urusan anak, putus cinta, hingga masalah keuangan.

Gimana cara ngatasinnya ? Sebaiknya sih jangan menggunakan obat-obatan, karena kita bisa ketergantungan. Ada beberapa saran, misalnya nih : mandi air hangat, jangan makan atau minum terlalu banyak, relaksasi atau meditasi, atau pakai cara bodoh (pakai istilah teman saya), menghitung sampai 1000😀

So, kalau teman-teman nggak bisa tidur apa yang dilakukan ? Gimana cara mengatasinya ?

Pic diambi dari sini

29 thoughts on “Insomnia Akut ?

  1. Wah, saya malah bisa dibilang kebo’ Mba, kalo tidur kaya beruang hibernasi… *lebaay*
    dan jarang juga susah tidur..

    pernah sih sekali2 ga bisa tidur, biasanya baca buku atau komik… ga lama.. kelopak mata terasa berat, trus molor deh…!

    Injul :
    Duh asyiknya yang bisa nyenyak tidur, bagi dong tipsnya.

  2. Minum susu hangat membuat kita cenderung mudah mengantuk….

    Btw saya malah ngantukan….

    Injul :
    Susu hangat coklat, nikmat. Saya akan coba bu, Insya Allah

  3. ehmm… menurut dokter sapa… di buku apa gitu.. (indah beneran lupa deh)
    indah oernah baca pokoknya.. kalo insomnia itu dibagi menjadi3..
    ada insomnia ringan…sedang..dan akut..
    ehm2… let me tell you more about it..
    1.insomnia ringan : bener2 cuma kadang2 aja ga bisa tidur.. biasanya karena kondisi kesehatan yg kurang vit,atau karena kebanyakan tidur siang😀
    2.insomnia sedang :bisa terjadi sampai 3-7 hari.. dan penyebabnya karena memiliki beban pikiran tertentu.. misal :sedang ada masalah atau sedang banyak pekerjaan..
    3.insomnia akut : ini jenis insomnia yg lumayan mengerikan seh. bisa terjadi dalam waktu sebulan.bahkan di luar negeri pernah ada orang yg selama satu tahun mengalami insomnia akut dan benar2 tidak tidur selama satu tahun itu. hal ini disebabkan karena depresi yang sangat berlebihan, biasanya karena trauma akan sesuatu sampai menekan saraf jiwa.

    nah.. kalo indah sendiri pernah ngalamin yg ke 2.insomnia sedang.,jasi indah ni,kalo tiap ujian semester ga pernah bisa tidur.. sebelum denger adzan subuh.. nah.. pas ujiannya kelar… tidur mulu deh jadinya,,,bales dendamm..😀

  4. Kalau saya, biasanya memang harus tidur pada waktu saya harus tidur. Jadi tubuh sudah bisa mengenal kapan dia harus tidur. Jadi kalau sampai jam 11 malam saya gak tidur, bisa2 malah jam 1 atau jam 2 baru tertidur. Jd saya sih mengatur jadwal tidur saja. Kalau anak sebisa mungkin juga diusahakan jadwalnya sama dengan saya, biar pas.

    Kalau tdk bisa tidur, minum susu coklat panas mungkin bisa membantu agar tubuh lebih rileks dan bisa tertidur lagi. Bagaimana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s