Sendiri, Asyik ?

Beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti tes wawancara program jalan-jalan keliling Indonesia gratis yang dilaksanakan oleh ACI Detikcom. Yap, Alhamdulillah saat itu saya lolos 500 kandidat petualang Indonesia, meski akhirnya gagal menjadi salah satu dari 66 pemenangnya.

Dari mengikuti ajang ACIdetikcom itu, saya mendapat pengalaman baru dan teman-teman baru. Teman-teman baru yang kebanyakan berusia muda, seumuran adik bungsu saya :D

Teman-teman yang sangat bersemangat menjelajah Indonesia, juga bangga akan daerah-daerah wisata di Indonesia.

Pengalaman yang berkesan lainnya, adalah saat wawancara. Beberapa pertanyaan penting, yang sepertinya menjadi penentu keberhasilan para kandidat.

Pertanyaan itu misalnya, pernah nggak jalan-jalan sendirian ? Sendirian tanpa teman, mengatur perjalanan sendiri, merambah daerah yang dikunjungi sendiri, semisal tanpa bantuan dari orang lain yang tahu daerah itu. Ala bekpekeran gitu deh.

Jawaban saya, ya tentu saja belum pernah :) Kalau berangkat sendiri menuju tempat yang akan dikunjungi sih udah sering. Tapi begitu sampai daerah tujuan, ya jalan-jalan bareng teman lah, hihihi.
Meski daerahnya susah dijelajahi tetap saja ada teman untuk bersusah-susah.

Kalau orang ingin berlibur itu kesannya kan ingin bersenang-senang, nah backpacker kan tidak seperti itu.

Beberapa teman saya ada yang suka bepergian ala bekpeker ini, dan mereka sangat menikmatinya. Menurut teman saya itu, lebih enak jalan sendirian, lebih meng-alam katanya, nggak usah repot-repot bawa koper segede bagong, karena mereka cuma ngandelin ransel besar yang semua kebutuhan untuk perjalanan bisa masuk ke situ. Selain itu, berjalan-jalan ala backpacker tentu saja jauh lebih murah, dibandingkan kalau kita jalan-jalan seperti wisatawan umumnya.

Mungkin karena itu, saya nggak bisa disebut bekpeker sejati ? Karena, sebagian besar backpacker melakukan perjalannya sendiri (CMIWW) seperti penulis Trinity (Naked Traveler).

Oh ya, di Indonesia adalah komunitas (Indobackpacker.com), yang salah satu pendirinya adalah Mbak Ambar Briastuti, seorang blogger backpacker, fotografer, yang kini menetap di Amerika Serikat. Tagline blognya Mbak Ambar saja udah menggambarkan aktifitasnya : Mlaku-mlaku :)

Ada keinginan untuk jalan-jalan sendirian ? Kepengen sih, mungkin nanti kalau anak-anak sudah besar *eh*

Kalau sekarang sih nggak bisalah, kemarin ke Padang aja rasanya gimana gitu ninggalin si bungsu :D

So, gimana teman-teman, lebih suka jalan-jalan sendiri atau bersama teman-teman, yang ada keuntungan maupun kekurangannya.

23 thoughts on “Sendiri, Asyik ?

  1. Hai,

    kepingin untuk libur 4D/3N ke Bangkok-Pattaya seharga 2,7jt?

    cek info lengkapnya di _http://tour.kepalanggila.com ya….

    Maaf jika tidak berkenan

    Paket Bangkok 4 Hari 3 Malam – hanya 2,7jt/pax

  2. Jujur …
    saya lebih suka berjalan sendirian …
    tidak tergantung pada orang …

    jadi kita bebas menentukan mau berapa lama ditempat ini … berapa lama transit dan sebagainya …

    termasuk kalau sedang keluar daerah … saya lebih suka jalan sendiri … bebas menentukan arah sendiri suka-suka saya …

    hehehe

    salam saya InJul

  3. klo masih single mungkin enak pergi sendirian, mbak. tapi klo udah berkeluarga rasanya lebih enak pergi bareng keluarga meski acaranya disetting ttp ala backpacker :)

  4. Selamat malam, Sahabat BURUNG HANTU …
    Semoga limpahan rahmat Tuhan selalu tercurah dalam kehidupan Sahabat semua …

    Sehubungan dengan Blog Competition Beswan Djarum yg sedang Denuzz ikuti, Denuzz mohon kesedian Sahabat meluangkan sedikit waktu untuk bisa memberikan komentar di 3 artikel ini:

    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/08/eksperimen-mematikan-bersama-djarum-beasiswa-plus/

    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/08/uh-untuk-apa-jadi-beswan-djarum/

    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/08/beswan-di-tengah-belantara-fana/

    Komentar menjadi poin penilaian yang cukup besar dalam kompetisi …

    Selain itu Denuzz harap Sahabat berkenan untuk memberikan vote di

    http://www.beswandjarum.com/blogcompetition/

    Tinggal klik “SUKA” pada blog atas nama DENUS HERUWANDA …

    Denuzz ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesedian Sahabat narablog …

    Be a happy blogger! …
    Salam BURUNG HANTU …

  5. Wah…

    saya mah gak sabar menunggu anak tumbuh besar dan bisa ditinggal.

    Jalan2 sendiri asyik, karena bisa pergi ke tempat yg kita suka, tanpa kompromi dg orang lain hehehe!

    Perlu lho…sekali2 :-)

    Injul :
    Nah, itu yg bikin jalan sendiri enak ya, nggak usah kompromi dengan orang lain, tentukan destinasi sendiri :D
    Aku juga nungguin anak2 cepat besar nih.

  6. kayaknya sampai sekarang bunda juga masih punya keinginan utk bisa2 jalan2 sendiri gitu Injul :)
    tapi, kapan ya?
    sekarang anak2 udah besar, tapi tetep aja belum juga ada kesempatan itu :(
    kalau gak, kita jalan2 nya sama2 yuk Injul :D
    salam

    Injul :
    Jalan sama2, ayo mau dong, senang sekali, kapan Bun ?
    Kita rencanakan dulu ya :D

  7. Kak,
    kalau aku sukanya jalan sendiri, lebih bebas kemana-mana. Tapi menjadi backpaker sih belum pernah, karena kalaupun ke luar negeri pasti ramai-2.
    Ada rencana sih sama teman berdua saja nanti pegi, biar lebih asyik.

    Injul :
    Nah berdua saja, setidaknya kalau bingung, ada temannya :)

  8. Saya termasuk yang suk pergi sendiri.
    Meski buat sebagian orang terasa janggal tetapi saya menikmatinya :D

    Me Time :D

    Injul :
    Salut :)
    Memang kalau sama teman, harus ada toleransi atau nggak bebas menentukan keinginan.
    ‎​‎​°·♥·♡τнäиκчöü♥·♡·° sudah mampir ke blog saya.

  9. kalo buat shoping ma jalan k tempat yg dket sih emang lbh suka sendirian. Gak ada aturan waktu, mau sampe malem jg ok ajah. Tp kl tmpat tjuannya jaoh,mending sama tmen deh.sndrian ntar dsangka orang ilang.haha

    Injul :
    Betul, betul.
    Itu juga yang saya khawatirkan, bengong sendirian :D

  10. belum pernah pergi sendirian,
    enak juga mungkin ya sesekali,

    tp kalau pergi sama rombongan aku jug suka misah sendiri he..he.. lebih suka menikmati sendiri, tanpa ribut2 orang ngobrol, kayaknya pengen eksplor lebig lagi…

    Injul :
    Nah, ini keren, ramai-ramai perginya tapi eksplore sendiri, biar lebih mantaf jalan2nya.

  11. helo.. kunjungan balik… salam kenal ya… :)

    iya dulu saya juga punya temen yang suka pergi jalan2 nya sendirian. ke bali, ke bintan, semuanya sendirian. katanya lebih enak sendirian jadi gak perlu tunggu2an ama rombongan.

    kalo saya sih gak bisa pergi sendirian. mana seru ya? hehehe. kalo disuruh pergi sendirian sih mendingan gak pergi aja dah. :P

    Injul :
    Hihihi, iya ya, kalau bersama teman, misalnya nyasar ya bisa ketawa-tawa, kalau bingung ada temannya. Pokoknya ada teman berbagi ya.
    Terima kasih sudah berkunjung balik.

  12. Jika sudah berkeluarga ya enak bareng keluarga.

    jalan2 sendiri memang semuanya harus mandiri, dikerjakan sendiri.
    Saya beberapa kali pergi sendiri tapi karena tugas misalnya ke Hawaii, Manila,dll.

    Salam hangat dari Surabaya

    Injul :
    Betul, Pakde, kalau sudah berkeluarga ya enak sama keluarga.
    Terima kasih sudah berkunjung.

  13. kayaknya ngga asyik bepergian sendiri, kalo sekali-sekali sih kalo suntuk banget bolehlah, tapi lebih asyik bareng sama teman-teman atau orang-orang yang kita sayangi.

    Injul :
    Setuju, ternyata banyak yg sukanya jalan bersama teman ya :D

  14. Ngga enak kalo sendiri, gw kan doyan ngobrol. 1 hari okelah,buat kontepelansi *eh, gimana ngejanya* :p
    Cariin temen buat liburan januari donkkk….

    Injul :
    Gue aja yah :D

Leave a Reply

