Kepo Positif ?

Kepo katanya diambil dari bahasa Hokkian (kaypoh). Kay atau ke artinya ayam, poh atau po artinya betina. Kepo berarti ayam betina.

Dan, entah apa hubungannya, ayam betina dengan sifat, kepo dalam bahasa gaul berarti mau tahu saja urusan orang lain, suka ikut campur, sok ngerti, dan sebagainya. Kepo cenderung berkonotasi buruk. Dan, rasanya menyebalkan kalau punya teman yang seperti itu.

Tapi, pernahkah terpikir kepo yang positif. Seorang teman berkata kepo bisa juga positif. Misalkan, dengan keingintahuannya ia berhasil menciptakan sesuatu seperti halnya Thomas Alfa Edison, kaarena rasa ingin tahunya akhirnya ia menemukan listrik.

Atau kisah orang Indonesia, Ayub S. Parnata, penemu Bakteri Kompos Organik.  Rasa ingin tahu beliau yang besar terhadap minimnya hasil produksi dari jagung yang ditanamnya, membuatnya berkeinginan untuk menciptakan pupuk dari bahan organik yang mudah didapat dan harganya murah.

Uji coba yang dilakukannya sejak tahun 1960, baru berbuah hasil puluhan tahun kemudian, yaitu di awal tahun 90-an. Pupuk organik buatannya sangat berguna bagi pertanian Indonesia. Dan, beliau pun ditahbiskan sebagai penemu bakteri kompos organik.

Eh, kembali lagi ke kepo, ada yang punya pengalaman dengan ‘kepo’ ini? Sharing dong🙂

7 thoughts on “Kepo Positif ?

  1. dari kecil q di panggil kepo… karena dalam bahasa lampung artinya bodoh, karna aku sering main teater dan berperan bodoh, tapi aku bangga di panggil kepo, karena aku jadi terkenal, dan lihat, semua akun q ku beri nama kepo, FB: Kepo punya cipluk, koprol:Kepo, twitter:sikepo, ds:kepo, so…. buat apa dipermasalhkan???

  2. barusan baca di blog sebelah, kepo ternyata singkatan dr knowing everything people’s object, atau ‘p’nya juga bs dari ‘particular’..begitulah😀

  3. Pada hakikatnya saya bukan orang ya Kepo …

    Jika ada hal yang ingin saya ketahui … maka saya ketahui dengan cara-cara yang tidak mengganggu orang lain … atau mau tau urusan orang lain …

    Saking TIDAK KEPO nya saya … saya sering dianggap TIDAK CARE pada orang lain … Hahaha …

    Salam saya InJul

  4. Punya pengalaman ngga asik dengan orang yang ‘kepo negatif’ malah dikatain tukang ngelak…ih ngga asik deh…sapa luuu…
    Kepo positif?pas ikut cerfet cerpen anak hahhhahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s