Posisi Tidur

Kata Kayla : Kepalanya cape, perlu istirahat

Tapi kok gitu ya ?

Bagaimana sih posisi tidur yang baik?

Menghadap kiri atau kanan?

Telentang atau tengkurap?

Kalau menurut artikel ini, tidur miring lebih disarankankarena gaya gravitasi bisa terjaga untuk menjaga isi perut, terutama bagi penderita asam lambung.

Tetapi tidur menghadap kanan juga bagus, karena bisa melindungi jantung dari posisi tertindih atau tertekan organ lainnya.

Lalu, kalau tidur tengkurap bagaimana? Mungkin, kalau untuk bayi, banyak yang memperdebatkan keampuhan tidur tengkurap.

Meski diyakini tidur tengkurap akan melatih paru-paru menjadi kuat, namun harus hati-hati karena bisa menyebabkan kesulitan bernafas atau Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).

Bagaimana tidur tengkurap buat orang dewasa? Kalau menurut ini, sebaiknya menghindari tidur tengkurap kalau nggak mau cepat keriput🙂

Tapi, buat saya yang paling penting, tidur itu tidur yang nyenyak (yang sekarang tuh susah sekali didapat), dan waktu tidur yang cukup (yang juga jarang sekali cukup waktu tidurnya).

Bagaimana dengan teman-teman, posisi tidur yang enak seperti apa? cukup nggak waktu tidurnya? Sharing dong

5 thoughts on “Posisi Tidur

  1. apapun posisi tidurnya, yang pasti bukan posisinya Kayla yang difoto itu, hihi..
    ampun deeh, ga pusing itu bangunnya?🙂

    aku biasa terlentang, piye iki? katanya Asop bisa ngorok? waduh, bahaya niiih kalo ketauan calon mertua, hihihi:mrgreen:

  2. Aduh, untuk anak2 sebaiknya jangan coba-coba.😐 Apalagi anak yang masih kecil sekali, posisi tidurnya harus bener. Ajarin supaya terbiasa hingga dewasa.😐

    Setahu saya dari buku dan majalah, paling baik itu menghadap kanan. Bener kata artikel di atas, supaya nggak menindih jantung. Kalau tidur terlentang, mulut kemungkinan besar membuka, bisa bikin mulut dan kerongkongan kering saat bangun. Juga, dengan tidur terlentang, kemungkinan ngorok lebih besar dan kemungkinan keselek ludah sendiri lebih besar.🙂 *nggak aman lah tidur terlentang!*

    Kalo tengkurap, saya pernah baca ada hadits yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW melarang kaumnya tidur tengkurap. Seingat saya, tengkurap mirip orang mati. Lagi pula, memang tidur tengkurap itu nggak enak. Nafas sesak (dada tertekan) dan bikin leher kaku.😦

    Kalo memang mau mencari, ada kok hadits yang menerangkan cara tidur Rasulullah. Saya pernah baca buku (kalo gak salah judulnya) “Sehat ala Rasulullah”, di sana diterangkan bahwa paling baik tidur menghadap kanan, beserta penjelasan kekurangan2 posisi tidur yang lain.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s