Yahoo! Townhall

Ceritanya, Jumat, 6 Mei lalu, saya datang menghadiri acara Yahoo! Community Townhall -Education 2 0- Learning and Sharing di @atamerica Pacific Palace Mall, Jakarta.

Acara yang digelar Yahoo tersebut selain ditujukan untuk komunitas yang memanfaatkan teknologi dunia digital, juga untuk pengguna antusias Yahoo! Koprol dan Flickr. Oh ya, acara tersebut juga untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei lalu.

Di acara tersebut, saya bertemu dengan banyak teman seperti Chicme, Chika Nadya, Nagacentil, Mbak Ajeng, Ina Purpleholic, Umenumen, Caplang, Ollie Salsabella, inisiator Startup Lokal Nuniek Tirtasari dan suaminya, Nataliardianto, suami istri penulis Aditya Mulya dan Ninit Yunita istribawel.com dan banyak lagi. Senang banget bisa bertemu mereka!

Para Pembicara

Nggak hanya mempertemukan teman-teman komunitas, ada sharingnya juga lho. Beberapa pembicara seperti Satya Witoelar, Wimar Witoelar, Christian Sugiono (ini yang bikin heboh para undangan wanita, nggak yang lajang, yang udah nikah juga heboh:D), Adrianus Harsawaskita (dosen Universitas Parahyangan) dan Indra Hajar Aryanto selaku Sales Strategist Yahoo! Indonesia, yang memberikan nformasi mengenai pentingnya internet sehat melalui program Yahoo! Safely.

Yang menarik, Pak Adrianus Harsawaskita memaparkan bahwavperkembangan internet di Indonesia menurut APJII, tahun 98 mencapai 512 ribu, tahun 2007 melonjak menjadi 25 juta. Indonesia termasuk dalam 25 pengguna internet terbesar (pengguna twitter nomor 3 di dunia, dan Facebook nomor 2 setelah Amerika Serikat).

Sementara, karakter pengguna internet, mayoritas untuk lifestyle, low bandwith (dari handheld bukan dari komputer) dan berusia di bawah 27 tahun.

Perkembangan internet ternyata berbanding terbalik dengan kebiasaan membaca orang Indonesia. Menurut Pak Adrianus, Indonesia masuk dalam peringkat ke 111 dari 185 negara, untuk kebiasaan membacanya. Artinya, orang Indonesia malas membaca!

Miris memang, tapi di era 2.0 ini, perkembangan digital memang mencengangkan dan banyak orang yang terpesona dengannya. Untuk itu, mari kita dukung Gerakan Forum Indonesia Membaca !

4 thoughts on “Yahoo! Townhall

  1. Pacifik Place …?
    Ini tempatnya yang di pojok rada gelap itu kan ?

    Ah … ini deket kantor saya …
    Tau gitu saya ngeceng disana deh …

    Hehehe

    salam saya

    —-

    Tau gitu, saya kopdaran sama si Om๐Ÿ™‚

  2. Sedih kalau melihatranking minat baca Indonesia. Yang aku tahu yang paling suka membaca nomor satu di dunia adalah India. (Baca di Suara Pembaruan deh kayaknya)

    Jepang aja kalah rek.

    EM

    Iya, Indonesia kalah di mana-mana๐Ÿ˜ฆ

  3. masa sih kebiasaan membacanya kurang? membaca apa dulu nih… maksudnay membaca buku ya?๐Ÿ˜€

    kalo orang indonesia kan paling gemar main fb, twitter, update status, bbm… itu pasti membaca juga kan…๐Ÿ™‚

    ——
    hahaha, membaca BB, FB, dan twitter ya๐Ÿ™‚
    Nomor satu kalau itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s