Quality Time di Akhir Pekan

Berkegiatan bersama keluarga di saat weekend atau akhir pekan, bisa membuat berbagai hal positif meningkat dan berbagai hal negatif berkurang!

Orangtua yang sering melakukan kegiatan bareng anak-anaknya di#wiken bisa mencegah prilaku seksual pranikah remaja!

Menarik kan?

Bukan saya lho yang bilang, tetapi seorang psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, Psi,  yang menyimpulkannya dari tesis-tesis yang dilakukan dan dibacanya.

Menurut Anna Surti, dengan meluangkan waktu berkualitas bersama keluarga, komunikasi yang baik antara anak dan orangtua akan terjalin. Orangtua memiliki kesempatan untuk mengajarkan nilai-nilai dan perilaku positif kepada anak dalam suasana yang santai dan penuh kebersamaan.

“Kondisi ini akan berdampak positif dalam meningkatkan rasa percaya diri, mandiri, disiplin, dan anak-anak lebih sehat secara fisik dan mental, atau bahkan cenderung semakin berprestasi di sekolah,” demikian dikatakan Anna dalam acara Kampanye Cool Weekend Selection, yang diluncurkan oleh Wall’s Selection.

Ditambahkan Anna Surti, peran orangtua, terutama ibu sangatlah penting! Ibu akan lebih mengetahui kegiatan akhir pekan yang disukai dan diinginkan oleh anak-anaknya, sehingga dapat dipersiapkan sejak awal minggu. Kegiatan keluarga dapat dilakukan di dalam maupun di luar rumah!

Kegiatan wiken di luar rumah? Ah, pasti nggak jauh-jauh dari mall deh! Seperti yang dilakukan oleh artis Shelomita yang suka mati ide/gaya kalau ngajak anaknya berakhir pekan di luar rumah. “Sebenarnya bosan ya ke mall, tapi nggak punya alternatif lain kalau sudah bosan makan bersama di restoran, hotel, atau anak-anak ikut dengan saya saat ada acara pas wiken,” kata Shelomita yang datang ke acara Wall’s Selection bersama dua dari empat anaknya, Shanatta dan Shaffanah.

Kalau bosan ke mall, mati ide nggak punya alternatif tempat berakhir pekan bersama keluarga, coba deh beberapa saran dari Komunitas WikenTanpakeMall (WTM).

Menurut Nofal Kurniawan, salah satu penggagasnya, banyak pilihan berakhir pekan yang bisa dilakukan keluarga tanpa harus ke mall, misalnya: belajar kerajinan tangan, berkebun bersama, membuat layang-layang, mengunjungi museum atau kebun binatang atau Planetarium, taman kota (ada beberapa di Jakarta seperti Taman Kota Tebet, Taman Kota Surapati di Menteng, dan Taman Kota Ayodya di Langsat), atau nonton bareng bersama keluarga.

Lalu bagaimana biar wiken atau akhir pekan terasa menyenangkan? Anna Surti mengatakan saat wiken, orangtua yang bekerja  atau tidak bekerja, sebaiknya melepaskan aktivitas yang berhubungan dengan diri sendiri di saaat wiken. Jauhkan gadget dari jangkauan, benar-benar fokus pada anak sehingga anak merasa dibutuhkan! Ajak anak mengatur rencana wiken yang akan dilakukan bersama.

Karena melihat peran penting wiken atau akhir pekan sebagai momen bagi keluarga Indonesia untuk menjalin kebersamaan, Wall’s Selection meluncurkan kampanye Cool Weekend Selection, yang mengajak keluarga Indonesia melakukan aktivitas menyenangkan bersama setelah kesibukan dan rutinitas yang padat dan melelahkan sepanjang minggu.

“Anak-anak akan selalu menantikan aktivitas wiken yang menyenangkan, beragam dan cool, yang bisa dilakukan bersama orangtua. Dan, bagi orangtua wiken yang menyenangkan dan berkualitas bisa menjadi sumber energi di sela-sela kesibukannya.” Begitu yang dikatakan Senior Brand Manager Wall’s in Home, Nuning Wahyuningsih.

Buat apa sih Wall’s Selection, penyedia es krim ini melakukan kampanye Cool Weekend Selection ini? Ada kaitannya lha, makan bareng es krim, apalagi Wall’s Selection yang memiliki inclusion dan taburan yang berlimpah, membuat kebersamaan keluarga di akhir pekan semakin istimewa.

So, jadi mau rencana ke mana akhir pekan ini? Nggak usah jauh-jauh, di rumah saja, nonton TV atau main komputer bareng sambil menikmati es krim Double Dutch, nyam nyam nyam, nikmat banget seperti yang saya coba saat menghadiri peluncuran kampanye ini :)

About these ads

13 thoughts on “Quality Time di Akhir Pekan

  1. Pingback: 48 Jam Yang Berharga | Cerita Cita Cinta

  2. Pingback: Masak Seru on Wiken « Cerita Cita Cinta

  3. wiken? biasanya emaknya masih ada beberapa kegiatan, tapi ga selalu tiap wiken sih *ngeles. bener kata shelomita, mati gaya mau ngajak kemana? alhasil ga jarang kalau wiken biasanya cuma di rumah aja nonton film bareng anak2

  4. sepedaan di monas, belanja ke pasar tradisional sama anak-anak trus dimasak sama-sama mereka juga…. seru lhooo… wiken menunya anak-anak yang tentukan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s