Masak Seru on Wiken

Keluarga kami memang tidak begitu sering berkunjung ke pusat perbelanjaan atau mall untuk menghabiskan waktu di hari libur, akhir pekan atau weekend. Kalau pun ke mall, itu hanya untuk keperluan berbelanja bulanan, membeli pakaian, atau barang lainnya yang hanya bisa dibeli di mall.

Kegiatan yang sering kami lakukan bersama anak-anak di hari libur, akhir pekan atau weekend sebagian besar sih dilakukan di rumah. Kalau pun pergi, ya berkunjung ke rumah orangtua saya di Daan Mogot, ke rumah Eyang anak-anak di Cipinang, atau sekedar berjalan-jalan keliling kota, dari tol ke tol dan bermain di Taman Kota seperti Taman Kota Tebet dan Taman Menteng.

Seperti yang pernah saya posting di sini tentang Quality Time di Akhir Pekan, orangtua yang sering melakukan kegiatan bersama anaknya di akhir pekan bisa meningkatkan efektivitas parenting dan kualitas seluruh ang keluarga menjadi lebih baik dan bahagia, weekend itu nggak harus jalan-jalan ke mall atau di luar rumah, tapi bisa juga dilakukan di rumah, seperti yang sering kami lakukan.

Masalahnya, namanya juga anak-anak, apalagi dua anak saya masih kecil, berumur 7 dan 3 tahun, #wiken atau akhir pekan di rumah saja, terus menerus, bikin mereka uring-uringan juga. Mereka ingin ke luar rumah. Apalagi kalau kegiatan yang kami lakukan hanya itu-itu saja, seperti nonton DVD bareng, membaca buku, bermain-main/dolanan, dan kerja bhakti keluarga seperti membersihkan kaca jendela, membersihkan kamar mandi :)

Karena dua kali #wiken atau pekan kali ini bertepatan dengan bulan Ramadhan, dan malas sekali rasanya kalau mau keluar rumah, sementara anak-anak uring-uringan, mau tak mau saya harus memutar otak, kegiatan akhir pekan yang tidak biasa , menarik dan menyenangkan.

Untunglah, saya sudah follow twitter @WeekndSelection dari Wall’s Selection, yang sering berbagi tips-tips akhir pekan seru bagi keluarga, salah satunya tentang Kampanye Cool Weekend Selection, Jadikan Weekend Lebih Istimewa! Saya kemudian mampir ke Fanspage Weekend Selection. Dari fanspage itu saya menemukan banyak ide aktifitas akhir pekan yang menarik bagi keluarga. Terutama buat yang malas mengajak anak-anak ke luar rumah seperti saya.

Kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak-anak yang menarik dilakukan ternyata memcoba berbagai resep yang disharing di Weekend Selection atau Masak Seru! Misalnya mengolah Walls Weekend Selection rasa Double Dutch yang ada potongan Brownies menjadi menu buka puasa. Membuat milkshake dengan rasa Cookies & Cream. Dan, yang paling seru adalah membuat Fried Ice Cream (Es Krim Goreng)!

Dari fanspage Weekend Selection, ini resepnya :

Bahan:

  • 1 loyang persegi ukurang 12 cm sponge cake cokelat, tebal kira-kira 1 cm
  • 1 scoop es krim Wall’s Selection rasa Chocky Rocky
  • 50 gr tepung terigu
  • 50 gr tepung roti
  • 1 bj telur ayam yang dikocok lepas

Cara membuat:

  1. Isi sponge cake cokelat dengan Chocky Rocky lalu bentuk menjadi bulat seperti bola.
  2. Siapkan bahan untuk panir: ayak tepung terigu, taruh dalam mangkuk. Kocok lepas telur dalam mangkuk lain.
  3. Gulingkan sponge berisi es krim di dalam tepung terigu.
  4. Angkat, lalu celupkan ke dalam telur, terakhir gulingkan di atas tepung roti hingga rata.
  5. Simpan dalam freezer hingga membeku.
  6. Goreng dengan minyak panas hingga berwarna kuning keemasan.
  7. Belah es krim goreng menjadi dua bagian, dan es krim goreng siap dihidangkan.

Cara bikinnya yang gampang, menarik minat anak-anak, walaupun kita harus berhati-hati dan saat menggorengnya anak-anak hanya bisa memandang saja :) #Wiken atau akhir pekan yang menyenangkan, murah dan meriah.

Buat yang keabisan ide untuk #wiken atau akhir pekannya, mau keluar rumah tapi nggak tahu mau ke mana, Weekend Selection memberikan alternatif tempat yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Misalnya:

  • Berkunjung ke Wisata Keramik Rumah Tanah Baru (Galeri Keramik F. Widayanto) di Depok. Di galeri ini keluarga bisa ikutan belajar membuat keramik bersama.
  • Mengajak anak ngabuburit  sambil belajar di Museum Bank Indonesia, Jalan Pintu Besar Utara No. 3 Jakarta Pusat.
  • Planetarium, Jakarta (lokasinya di dekat Taman Ismail Marzuki/TIM)
  • Museum Bank Mandiri, Jln Lapangan Stasiun No 1, Jakarta Kota.
  • Sea World Ancol
  • Celebration of Light di Taman Bunga Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah, acara masih berlangsung hingga 2 September 2012.
  • dan masih banyak lagi.

Seperti yang dikemukakan psikolog Anna Surti, berkegiatan bareng pas #wiken itu dapat meningkatkan hal-hal positif seperti stimulasi orangtua lebih intens, anak cenderung lebih cerdas. Hubungan anak dan orangtua menjadi lebih mesra, anak jadi lebih mudah bergaul. Meningkatkan kemandirian dan rasa percaya diri anak, dan buat orangtua yang bekerja, melakukan kegiatan bersama di akhir pekan bisa mengurangi rasa bersalah karena telah seharian meninggalkan anak di rumah bersama pengasuhnya.

Nah, #wiken atau akhir pekan ini mau melakukan kegiatan apa?

3 thoughts on “Masak Seru on Wiken

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s