Membangkitkan Kembali Industri Musik Digital

image

Setahun setelah adanya Surat Edaran (SE) Nomor 177/BRTI/X/2011, industri content digital terus berusaha meningkatkan animo masyarakat terhadap layanan Value Added Service. Meskipun RBT dan iRing bukan bagian dari layanan Value Added Service, tapi dampak dari SE terasa bagi seluruh pelaku industri musik digital.

Untuk membangkitkan kembali animo masyarakat terhadap layanan RBT dan iRing, dua operator terkemuka di Indonesia, PT XL Axiata (XL) dan Indosat bekerjasama dengan 12 record labels meluncurkan program Pesta RBT (Ring Back Tone) dan iRing melalui single access UMB *919#.  Dengan kerjasama ini, diharapkan industri konten digital, terutama musik digital akan bisa segera recovery ke kondisi sebelum SE BRTI itu diterbitkan.

Menurut Direktur Marketing XL, Joy Wahyudi,dengan adanya satu kode akses, diharapkan pelanggan akan lebih mudah untuk menikmati RBT dan iRing. Sedangkan Erik Meijer, Director & Chief Marketing Officer Indosat mengatakan program Pesta RBT dan iRing ini untuk menumbuhkan kembali layanan ini dengan lebih berkualitas, aman dan mudah sehingga masyarakat dan pelanggan merasa lebih nyaman dan tidak ragu menggunakan layanan ini.

Sementara itu, 12 partner record labels yang berpartisipasi dan mendukung program Pesta RBT dan iRing ini adalah Pelangi Musik, Universal Music Indonesia (UMI), Aquarius, Emotion, Warner Music Indonesia, Sony Music, Musica, Alfa Records, Virgo, Nagaswara, Trinity, dan Sani Music. Begitu juga dengan para grup musik atau penyanyi diantaranya: Armada dan Vidi.

image

Dengan menggunakan single kode akses UMB dan memberikan informasi secara lengkap serta transparan mengenai mekanisme layanan (tarif, periode, cara untuk UNSUB yang mudah dan jelas), diharapkan animo dan tingkat kepercayaan pelanggan bisa tumbuh kembali. Selain itu, informasi terkait layanan RBT dan iRing juga akan disampaikan melalui berbagai macam channel/media, seperti media internal telco, WEB, WAP, POS material dan juga layanan customer service 24 jam.

image

3 thoughts on “Membangkitkan Kembali Industri Musik Digital

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s