Belajar Membuat Blog di KEB

emakblogger

Sudah pada tahu kan Kumpulan Emak Blogger (KEB) ?

Kalau belum tahu silakan berkunjung ke http://emak2blogger.web.id/tentang-kami/ ada penjelasan, tapi saya kasih bocoran, KEB itu adalah komunitas blogger perempuan Indonesia. Anggotanya terdiri dari ratusan blogger perempuan dari berbagai komunitas blogger Indonesia, baik yang berdomisili di dalam maupun di luar negeri.

Setelah setahun usianya, KEB akhirnya berani membuka #KelasOnlineKEB dengan Kelas Perdana yaitu Kelas Pengetahuan Dasar Blogging dengan mentor Eka Putri dan Shinta Ries. Masa belajar selama sebulan, dibagi 2 kali pertemuan setiap minggunya yaitu hari Kamis dan Minggu, setiap pukul 19 sampai pukul 21.00

#KelasOnlineKEB ini merupakan ajang sharing/berbagi dari member KEB untuk member KEB. Tidak dipungut biaya apapun, diberikan secara gratis, karena sesuai dengan motto KEB: Inspirasi Perempuan, Kami Ada untuk Berbagi.

Pada kelas perdana, Kamis, 7 Februari 2013, Mak Eka Putri atau @upiakmayya membuka kelas dengan materi:

  • Apakah Blog Itu? Blog merupakan singkatan dari ‘weblog’, yang merupakan istilah yang digunakan bagi situs yang menjaga informasinya terus diperbaharui.
  • Blog memiliki beberapa hal umum, seperti Konten utama (Main Content Area), Arsip (Archive of Older Articles), Komentar (Comments), Daftar Link (Blogroll), Feeds (link yang memberikan update blog secara otomatis seperti RSS, Atom atau Feedburner).
  • Konten Blog, atau isi blog atau artikel blog. Merupakan hal utama dalam blog, karena berisi tulisan-tulisan penulis blog yang biasa disebut “posts” atau “entries”.
  • Komentar Blog, salah satu fitur yang membuat blog menjadi interaktif. Hampir semua blog mempunyai fitur ini. Salah satu cara seorang penulis blog meninggalkan komentar tanpa mengunjungi blog tersebut adalah melalui “pingbacks” atau “trackbacks”. Fungsinya yaitu menginformasikan blogger lain ketika mereka mengutip sebuah artikel yang mereka “pingbacks/trackbacks” menjadi artikel mereka sendiri.
  • Sidebar Blog: Feed Blog, Mailing List Blog, Pencarian/Search Bar, Artikel-artikel Terakhir (Most Recent Posts), Artikel-artikel Terpopuler (Most Popular Posts), Kategori Komentar-komentar Terbaru (Most Recent Comments),
    Tombol Profil Sosial Media seperti Facebook Like atau Facebook Badge, dan Iklan.
  • Platform Blogging: sebuah program yang kita gunakan untuk memperbaharui blog kita. Dua platform yang paling umum adalah WordPress dan Blogger. Keduanya memiliki versi dan hosting gratis sehingga kita bisa memulai blog tanpa membayar. Namun alamat blog akan memiliki format : namablog.wordpress.com atau namablog.blogspot.com. Beberapa platform yang lain adalah : Movable Type (self-hosted), Drupal (self-hosted)
    Wordpress.org (self-hosted), TypePad (hosting provided), Tumblr (hosting provided).
    Self-hosted artinya anda memiliki hosting (rumah) bagi blog anda dan anda membayar untuk hosting tersebut. Hosting Provided artinya hosting (rumah) bagi blog anda telah disediakan oleh platform, dalam artian Anda dapat memakainya secara gratis dalam ukuran tertentu.

Sementara itu, pada kelas kedua, hari Minggu, 9 Februari 2013, giliran Shinta Ries yang menjadi mentor untuk #KelasOnlineKEB Pengetahuan Dasar Blogging.  Shinta Ries, yang sekilas pengamatan, pengetahuannya mengenai coding blog bisa dibilang mumpuni, memberikan materi yang juga keren, dan membuat semangat belajar para emak semakin menggebu-gebu. Materi yang diberikan Shinta Ries, antara lain :

  •  Mengenal Bagian Blog, seperti Header (bagian atas blog, yang berisi judul blog dan deskripsi), Navigation Bar (di bawah atau di atas header, yang berisi menu dari sebuah blog), Post Body
    Bagian utama dari blog yang terdiri dari Post Title (Judul posting), Date Header (tanggal posting), Writer Info (informasi penulis), Comment (komentar) dan pembagian social media (social media sharing). Bagian ini biasanya dipercantik dengan post title icon (logo judul post), signature (tanda tangan), dan post divider (pembatas posting), Sidebar (Kolom informasi yang berisi widget seperti arsip, posting terbaru dan lain-lain), Footer (diisi dengan copyright atau hak cipta dari pemilik blog dan beberapa informasi seperti pembuat template), Background (latar belakang dari halaman utama).
  • Dasar-dasar Design Blog, Tinggi header,  Lebar header, Ukuran font, Daerah posting utama, Jenis font, Judul posting, Color palette

Dan masih banyak lagi. Ingin ikutan belajar di #KelasOnlineKEB ? Silakan bergabung dengan kami di Facebook Group Kumpulan Emak Blogger (KEB)

Atau lihat tata cara bergabung di http://emak2blogger.web.id/

Ditunggu ya🙂

6 thoughts on “Belajar Membuat Blog di KEB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s