N A T O

However many holy words you read,

however many you speak,

what good will they do you if you do not act on.

(Siddhārtha Gautama)

Kalau bisa dibilang NATO (No action, talk only) !

Itu yang kerap terjadi dengan saya. Ngomong mau rajin nulis minimal sekali sehari, ternyata ? ya gitu deh.

Sudah target mau menyelesaikan PR menulis, sehari minimal 10 halaman, ih nggak tercapai tuh. Masih mending waktu kerja kantor, masih bisa menyelesaikan 5 halaman. Apa perlu kerja kantoran lagi ?

Bagi tipsnya dong, biar nggak malas. Keinginan sih ada, tapi menghalau malas ini susah banget 😀

 

Sendirian

Ada kalimat menarik dari serial Law & Order Los Angeles, dari tokoh pria yang mengatakan:  “Saya sangat mencintainya. Saya tak bisa kehilangan dirinya, saya hanya tak ingin hidup sendirian.”

Tokoh pria yang merupakan anggota konggres itu, selingkuh, dan selingkuhannya hamil. Awalnya, ia ingin putus dari selingkuhannya itu dan tetap bertanggungjawab dengan kehamilan itu. Ndilalah, istri sang tokoh pria, penyakit kankernya kembali dan katanya sisa hidupnya tinggal 5 bulan. Diam-diam sang tokoh pria, merencanakan untuk mengawini selingkuhannya setelah istrinya meninggal dunia.

Dari situlah peristiwa penganiayaan terhadap selingkuhan tokoh kongres itu berawal. Selingkuhan kehilangan bayinya, sang istri ditangkap polisi, dan terpaksa menghabiskan hari-hari terakhirnya di penjara. Di akhir cerita, tokoh pria yang sempat berusaha melindungi istrinya, dengan mencoba menghilangkan barang bukti, mengatakan kalimat diatas.

Ketika seorang perempuan yang berprofesi sebagai jaksa penuntut mencemooh sang tokoh konggres, karena mencari pembenaran atas tindakannya, rekan satu profesinya, pria lebih tua, mengatakan : di masa tua, beberapa pria akan mengalami hal seperti itu. “Takut kesepian, tak ingin sendiri”.

Continue reading

Lingkungan Hijau Dambaan

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat tawaran menulis cerita anak yang bertema global warming (pemanasan global).

Dalam cerita itu, untuk mencegah pemanasan global, para tokoh cerita belajar mengenai mencintai lingkungan, memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang yang bermanfaat, mendaur ulang plastik atau sampah, dan sebagainya. Insya Allah, kalau tak ada halangan, buku anak tersebut akan terbit di tahun ini.

Bukan yang pertama kali, saya mengangkat tema mencintai lingkungan dalam cerita anak. Dalam  Antologi Cerita Forum Penulis Bacaan Anak (PBA), yang terbit tahun 2010 lalu, dengan judul Misteri Penari Cilik, saya menyumbangkan satu cerita anak yang berjudul Misteri Pohon Munggur.

Dalam cerita itu, dikisahkan seorang anak harus kehilangan seluruh anggota keluarga karena tempat tinggalnya yang dahulu terkenal sebagai tempat wisata alam, dengan pohon-pohon yang rindang, danau buatan yang indah, lingkungan yang asri, luluh lantak akibat banjir bandang yang menimpa daerah tersebut.

Banjir bandang terjadi karena kerusakan lingkungan yang terus menerus dilakukan dengan cara menebang pohon, memperluas pemukiman tanpa memperhatikan resapan air, dan tidak menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Kenapa saya tertarik menulis cerita bertema lingkungan dan dari mana ide itu didapat ?

Continue reading

Harga Dokter

Hampir satu minggu, saya dan dua anak (Kayla dan Tio), dihinggapi demam, batuk dan pilek. Akhirnya saya tepar juga, hihihi.

Sebelumnya, di pertengahan Desember 2010, Kayla dan Tio diserang demam, batuk dan pilek juga. Malah, untuk Kayla, Desember itu dia dua kali demam. Karena jaraknya berdekatan, saya dan Mas Iwan khawatir ada sesuatu di kesehatan Kayla, dan berinisiatif membawanya ke dokter.

Dokter anak langganan kami dan rumahnya kebetulan dekat dengan rumah kami, ternyata sedang pulang kampung ke Makassar. Akhirnya kami memutuskan membawa Kayla ke dokter umum di klinik yang juga sering kami datangi.

Continue reading

Idola Baru

Dan, semangat bangga atas tim nasional sepakbola Indonesia, mempengaruhi anak-anak juga.

Anak-anak pun punya idola baru : Irfan Bachdim, Gonzales, Nasuha, Firman Utina dan Markus Harison.

Tapi, yang paling menghebohkan ya si Irfan Bachdim itu. Bahkan berita tentangnya pun masuk ke Majalah Bobo.

Sekarang, banyak anak mulai suka nonton bola, setidaknya bermain bola sore-sore di lapangan kompleks, pada saat liburan sekolah seperti kemarin 😀

Continue reading

Berbagi Teman

“Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati, namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya. Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan, namun ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya” (berbagai sumber)

Beberapa waktu lalu, sulung saya, Taruli, bercerita tentang temannya, yang menurutnya sudah berubah. “Dia nggak seperti dulu, apa-apa cerita sama aku. Kayaknya dia punya teman lain, yang lebih seru,” kata Taruli. Meski berusaha menutupi perasaannya, tapi saya tahu dia sedih dengan persahabatannya itu.

Waktu itu, saya bilang sama dia, meski kalian bersahabat, tapi setiap orang punya keinginan sendiri, termasuk keinginan untuk berteman dengan yang lainnya, meski ia sudah mempunyai teman dekat. “Mungkin, sekarang dia merasa lebih enak berteman dengan si A, kamu nggak boleh marah atau iri.”

Continue reading

Sapu Sehat

Dulu, sewaktu kecil, si mama sering bilang, kalau jadi anak perempuan biar pun jadi wanita karier, pintar, cantik, harus tetap ngerti pekerjaan rumah tangga seperti masak, beberes rumah, mencuci piring, mencuci baju, dan sebagainya.

“Kalau kamu nggak bisa masak, nyapu, nyuci, nanti sudah nikah, kalau mertuamu orang Batak, rewel, bisa-bisa kamu dipulangin lagi ke rumah,” kata si mama tiap kali menasehati kami, 3 anak perempuannya.

Kami sih tahu, itu kiat si mama supaya anak-anaknya mau mengerjakan pekerjaan rumah tangga, apalagi kalau nggak ada pembantu siapa lagi coba yang bisa disuruh kalau bukan anak-anaknya.

Maka, berbagi tugaslah kami bertiga. Saya, selalu mengambil pekerjaan yang menurut saya cepat diselesaikan, yaitu : membersihkan rumah (menyapu dan mengepel), serta membantu simama mencuci baju (bagian membersihkan). Sementara dua orang adik saya lebih memilih memasak sebagai bidang keahliannya, hehehe.

Continue reading